Home » » Laporan Akhir Penelitian E-Learning

Laporan Akhir Penelitian E-Learning

Written By Unknown on Sabtu, 21 Januari 2017 | 08.25

Metode pembelajaran adalah tata cara yang digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan memudahkan proses belajar-mengajar sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan (Nababan,2002). Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat diharapkan guru dapat menguasai kelas dan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Sudjana (2005), menyatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan belajar dengan siswa dalam proses pembelajaran. 
Sehubungan dengan itu, perkembangan teknologi membawa dampak positif dan dampak negatif terhadap dunia pendidikan. Dampak positifnya, guru dapat mencari tahu perkembangan ilmu termutakhir dan dapat mengakses model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan pada materi tertentu.  Sementara itu, dampak negatifnya, guru dituntun harus dapat menguasai teknologi tersebut dengan mumpuni. Guna melahirkan guru bahasa Indonesia yang berkualitas dan profesional, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Syiah Kuala mewajibkan mahasiswa mengikuti mata kuliah pengantar aplikasi komputer guna menyiasati degradasi penggunaan teknologi. 
Mata kuliah yang berjumlahkan dua SKS tersebut, di dalamnya mempelajari empat hal: pertama, pengenalan perangkat komputer. Materi ini urgen dikuasai oleh mahasiswa walaupun kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari perangkat komputer itu tidak asing lagi bagi mereka. Begitu juga dengan sejarah perkembangan komputer, sebagian besar mahasiswa sudah melupakannya, walaupun pernah diajarkan di bangku SMA. Pada materi pertama, mahasiswa tersebut diperkenalkan bagaimana perkembangan teknologi termutakhir saat ini beserta perangkat yang digunakan untuk mengakses teknologi informasi. 
Kedua, pengolahan dokumen dengan Microsoft Office Word (MS Word). Pengalaman penulis sebagai dosen pembimbing skripsi pada Prodi PBSI, FKIP Unsyiah, menemukan skripsi mahasiswa yang mana format penyajiannya tidak sesuai dengan pedoman yang telah dicantumkan pada buku petunjuk. Margin yang tidak sama, penomoran yang tidak sistematik, daftar isi yang ditulis manual, daftar pustaka tidak berurutan, dll. Tidak dapat dipungkiri meskipun masing-masing mahasiswa telah memiliki komputer jinjing, namun untuk penguasaan MS Word belum dapat dikuasai dengan maksimal. Oleh karena itu, dengan memprogramkan mata kuliah pengantar aplikasi komputer diharapkan mereka tidak mendapat kendala ketika menulis skripsi. 
Ketiga, membuat slide presentasi dengan MS Powerpoint. Materi ini penting dikuasai oleh mahasiswa PBSI yang nantinya akan mengajar di sekolah. Pada kenyataanya, mahasiswa cenderung tidak memahami hakekat dari powerpoint sehingga terkesan wordpoint. Hal ini disebabkan powerpoint yang dikerjakan cenderung copy-paste dari berbagai sumber bukan berdasarkan pemahan mereka yang diredaksionalkan kembali. Kemampuan penguasaan powerpoint urgen dikuasai untuk memaksimalkan pembelajaran serta menciptakan suasan belajar yang menyenangkan. 
Keempat, dasar-dasar internet. Teknologi saat ini memudahkan mahasiswa mengakses internet di mana saja dan tidak mesti dengan komputer/laptop. Bahkan, dengan smartphone mampu memudahkan siapa pun mengakses internet. Akan tetapi, internet cenderung disalahgunakan dan tidak mendukung kegiatan pembelajaran. Materi yang akan diajarkan pada pengantar aplikasi komputer berupa pemanfaatan intertet untuk literasi. Dalam hal ini, mahasiswa diarahkan agar dapat memaksimalkan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan Unsyiah yang beralamatkan pada URL: www.uilis.unsyiah.ac.id.  
Berkaitan dengan itu, penguasaan mata kuliah pengantar aplikasi komputer menjadi prioritas utama dan sangat penting dikuasai oleh mahasiswa Prodi PBSI, FKIP Unsyiah karena lulusan Prodi PBSI merupakan guru bahasa Indonesia. Pembelajaran konvensional yang penulis terapkan selama ini belumlah menunjukkan hasil yang optimal. Pembelajaran e-learning penulis anggap tepat untuk mengajarkan mata kuliah pengantar aplikasi komputer. Selain itu, video ajar yang akan dipersiapkan oleh penulis merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat karena video ajar ini dapat untuk pembelajaran TIK di sekolah-sekolah. Penulis menyadari menyadari pembelajaran e-learning bakal menguras energi dan membutuhkan dana. Oleh karena itu, adanya kerja sama dari berbagai pihak, terutama institusi tempat penulis bekerja sangat diharapkan untuk mendukung pembelajaran e-learning tersebut.

File utuh dapat diakses di sini!

Share this article :

Posting Komentar

Facebook
 

Bahasa Terstruktur Cermin Pikiran Teratur