Home » » REDUPLIKASI ONOMATOPOEIA DALAM BAHASA ACEH (Satu Penelitian tentang Kata Tiruan Bunyi pada Penutur Bahasa Aceh Dialek Aceh Utara)

REDUPLIKASI ONOMATOPOEIA DALAM BAHASA ACEH (Satu Penelitian tentang Kata Tiruan Bunyi pada Penutur Bahasa Aceh Dialek Aceh Utara)

Written By Unknown on Senin, 21 Juli 2014 | 09.01




REDUPLIKASI ONOMATOPOEIA DALAM BAHASA ACEH
(Satu Penelitian tentang Kata Tiruan Bunyi
pada Penutur Bahasa Aceh Dialek Aceh Utara)


oleh
Azwardi*


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Reduplikasi Onomatopoeia dalam Bahasa Aceh (Satu Penelitian tentang Kata Tiruan Bunyi pada Penutur Bahasa Aceh Dialek Aceh Utara), bertujuan mendeskripsikan sejumlah fenomena/fakta morfologis yang berhubungan dengan reduplikasi onomatopoeia bahasa Aceh yang meliputi jenis, pola, dan makna reduplikasi onomatopoeia bahasa Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan rekam. Data penelitian dianalisis secara kualitatif. Sumber data penelitian adalah masyarakat penutur bahasa Aceh dialek Aceh Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis reduplikasi onomatopoeia bahasa Aceh terdiri atas reduplikasi onomatopoeia yang berhubungan dengan alam, reduplikasi onomatopoeia yang berhubungan dengan binatang, reduplikasi onomatopoeia yang berhubungan dengan benda/alat, dan reduplikasi onomatopoeia yang berhubungan dengan manusia. Pola perubahan fonem (vokal) reduplikasi onomatopoeia adalah ‘a-‘i, ‘a-‘u, ‘a-èe, ‘a-‘o, ‘a-‘é, a-i, a-u, a-o, o-i, è-o,’è-’o, è-’ö, dan ’a-’è. Makna yang dihasilkan oleh reduplikasi onomatopoeia bahasa Aceh umumnya menyatakan nyamak.

Kata kunci: reduplikasi, onomatopoeia, bahasa Aceh




* Staf Pengajar Tetap FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh






Dapatkan file ini selengkapnya dengan meng-klik di sini.

Share this article :

Posting Komentar

Facebook
 

Bahasa Terstruktur Cermin Pikiran Teratur